Mencermati Hakikat Diri Sebuah Kajian Metafisika

Penulis: KH. Bahauddin Mudhary
Penerbit: Pustaka Progressif
Cetakan: Pertama, Juni 1994 ; Kedua, Juni 2000
Ukuran:  11.9 x 17.6 cm
Halaman:  87 Hlm
ISBN: -
Jenis Cover: Soft Cover
Harga: Rp. 45.000 





Manusia memiliki seribu satu misteri yang selalu berkembang mengikuti gerak jaman. Ia ditinjau dan diungkapkan dari berbagai dimensi dari waktu ke waktu, namun tak pernah memberikan jawaban yang pasti dan tuntas. Pertanyaan selalu menghadang manusia mengenai hakikat dirinya: “kita ini dari mana, mau kemana, apa maksud dan tujuan hidup ini, mengapa kita harus ada di dunia?”.

Ada dua kutub aliran yang berusaha menjelaskan tentang manusia. Pertama, kutub empiris yang meninjau manusia dari segi yang tampak dan dapat diindera, baik melalui kacamata ilmu Biologi, Fisika, Kimia, Sosial, Kejiwaan dan lain-lain. Sedangkan yang kedua disebut kutub non empiris spiritualis yang membahas manusia dari kacamata kepercayaan, agama dan kerohanian.

Sebenarnya ada kutub ketiga yang berbicara tentang hakikat manusia secara menyeluruh, yakni metafisika. Dengan memakai teropong metafisika inilah, manusia dapat mengenal diri dari awal proses kejadiannya sampai bagaimana dia harus berhubungan secara langsung dengan sang Pencipta.

Buku ini mengajak pembacanya untuk merenungi awal proses penciptaannya beserta unsur-unsur yang membentuk jasmaninya. Berangkat dari kesadaran awal inilah, kita ditunjukkan bagaimana cara mengendalikan diri, berhubungan dengan manusia lain, alam sekitarnya, dan bagaimana berhubungan langsung dengan Tuhan, serta cara-cara menangkap gelombang isyarat dan hidayah Tuhan.

Pembahasan:

Manusia, Dari Mana dan Mau Kemana
Misteri Diri
Naluri Konflik Psikis
Menghindar Dari Penyakit Rohani
Mengambil Jalan Lurus
Asal Usul Alam
Tanpa Energi, Mustahil Ada Materi
Makhluk Bumi Visi Metafisika
Jin Makhluk Pertama di Bumi
Darwin Versus Metafisis
Asal Kejadian Makhluk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sakti Mandraguna : Terjemah Manba'u Ushul Hikmah

Terjemah Kitab Abu Ma'syar Al Falaki : Ingin Mengetahui Nasib Anda

Doa Doa Jaljalut Kubro