Ilmu Mantiq Terjemah Assullamul Munauroq

Terjemah Indonesia Nadzhom Assullamul Munauroq karya Syaikh Abdur Rohman Al Akhdhory yang hidup sekitar tahun 941 H. 

Penerjemah: Cholil Bisyri Mustofa

Penerbit Al Ma'arif

Harga : Rp 25.000,-(Stok banyak) 

Kertas HVS

Kitab ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa jawa pada tahun 1370H atau 1950M oleh Al Khadrotil Walid KH Bisyri Mustofa dan 3 tahun terjemah arab pegon jawa tersebut telah tersebar luas ke seluruh pelosok Indonesia tidak hanya di pulau Jawa saja. Kemudian buku ini menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia

Mantiq adalah alat atau dasar yang penggunaannya akan menjaga kesalahan dalam berpikir.

Lebih jelasnya, Mantiq adalah sebuah ilmu yang membahas tentang alat dan formula berpikir, sehingga seseorang yang menggunakannya akan selamat dari cara berpikir salah.

Manusia sebagai makhluk yang berpikir tidak akan lepas dari berpikir. Namun, saat berpikir, manusia seringkali dipengaruhi oleh berbagai tendensi, emosi, subyektifitas dan lainnya sehingga ia tidak dapat berpikir jernih, logis dan obyektif. Mantiq merupakan upaya agar seseorang dapat berpikir dengan cara yang benar, tidak keliru dalam memahami bacaan,  perkataan orang, isyarat, fenomena alam,  dsb.

Oleh karenanya, Imam al Ghazali pernah berkata "Orang yg tidak mengerti ilmu mantiq, patut di pertanyakan kualitas keilmuannya"

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sakti Mandraguna : Terjemah Manba'u Ushul Hikmah

Terjemah Kitab Abu Ma'syar Al Falaki : Ingin Mengetahui Nasib Anda

Doa Doa Jaljalut Kubro