Keris Gagrak Kasultanan Ngayogyakarta

Keris tangguh Ngayogyakarta memang khas-prasaja sederhana. Namun demikian, keris Ngayogyakarta ini terkesan mrabu, berwibawa.


Inilah yang dipilih oleh Pangeran Mangkubumi atau Sri Sultan Hamengkubuwono I (1717 – 1792). Beliau terkesan menghindari bentuk yang rumit dan ricikan atau ciri yang beraneka.


Secara garis besar keris pusaka para Sultan Yogyakarta berwujud sederhana. Kesederhanaan itu meliputi bentuk dan pamor. Hal yang unik adalah jarang ada putran atau kembaran dari keris gaya Ngayogyakarta.


Hal ini terjadi karena masyarakat sangat hormat terhadap pusaka keraton. Buku ini disajikan dalam 11 bab mengurai satu persatu berbagai koleksi keris dari masa Sultan HB I sampai Sultan HB X.


Tujuannya adalah untuk memberi pemahaman kepada publik atas karya-karya budaya khususnya karya adiluhung Keris Kasultanan.


Oleh karena itulah amat penting bagi pecinta dan penggemar keris untuk menyimak keris gagrak Ngayogyakarta dengan cermat, mengingat bahwa empu yang membuatnya sudah tidak ada. Penerusnya pun tidak ada.


Penulis : Ki Juru Bangunjiwa

Tahun Terbit : 2015


Hlm/ukuran : 128/15×23 cm

ISBN : 9786020833125


Penerbit: Pohon Cahaya

Harga: Rp 55.000 , buku langka yang hanya tersedia 3 buku saja di toko saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sakti Mandraguna : Terjemah Manba'u Ushul Hikmah

Terjemah Kitab Abu Ma'syar Al Falaki : Ingin Mengetahui Nasib Anda

Doa Doa Jaljalut Kubro