Buku Farmakope Indonesia Edisi Ketiga

PENGERTIAN FARMAKOPE

Atau pharmacopoeia, ialah buku resmi suatu negara yang memuat monografi menge­nai sifat-sifat kimia, fisik, kemurnian, analisis kualita­tif dan kuantitatif obat dan bahan baku, serta dosis maksimal sehari. Daftar yang dimuat dalam farma- kope dari tiap-tiap negara berbeda. Farmakope yang tertua ialah Farmakope Nuremberg yang diterbitkan di Jerman pada tahun 1542.

Farmakope Indonesia adalah buku resmi yang me­muat monografi sediaan obat dan senyawa kimia yang dilengkapi dengan uraian, rumus, sifat fisikokimia, uji identifikasi, analisis kuantitatif, aturan dosis, dan persyaratan baku ‘ainnya untuk menentukan mutu dan kemurniannya. Buku ini juga dilengkapi dengan lampiran yang berkaitan dengan prosedur berbagai pe­netapan, pemeriksaan, dan uji yang berkaitan dengan obat-obat yang ada dalam monografi.

Di Indonesia buku ini disusun oleh suatu panitia, yaitu Panitia Farmakope Indonesia, yang susunan anggotanya terdiri atas berbagai pakar dalam bidani farmasi, kedokteran, kimia, fisika, dan biologi. p~ nitia ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Farmakope Indonesia Edisi I mulai beredar dan berlaku secara resmi di Indonesia bertepatan dengan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei 1962. Edisi I ini disusun berdasarkan naskah dari Ikatan Apoteker Indonesia dan mengacu pada Phar­macopoeia Internationalist Editio Prima yang diter­bitkan oleh World Health Organization—PBB, je_ newa 1955. Buku ini terdiri atas 2 jilid; jilid 1 memuat monografi zat-zat kimia, sedangkan jilid 2 memuat monografi sediaan galenika dan sediaan farmasi lain­nya.

Selanjutnya pada tanggal 12 November 1972 mu­lai diberlakukan Farmakope Indonesia Edisi II. padaa tanggal 12 November 1979 ditetapkan Farmakope Indonesia Edisi III sebagai farmakope yang berlaku di Indonesia. BUKU INILAH EDISI KETIGANYA

Pada tanggal 1 Agustus 1974 telah disahkan Ekstra Farmakope Indonesia yang disusun oleh Panitia Ekstra Farmakope Indonesia sebagai buku persyarat­an mutu obat resmi yang berlaku di Indonesia, di sam­ping Farmakope Indonesia. Buku ini merupakan kom­plemen dari Farmakope Indonesia yang diperlukan se­bagai buku persyaratan mutu obat yang mencakup zat, bahan obat dan sediaan farmasi yang tidak di­muat dalam Farmakope Indonesia.

Sesuai dengan ketentuan Direktorat Jenderal Peng­awasan Obat dan Makanan, setiap apotek, pedagang besar farmasi, dan pabrik farmasi harus memiliki Ekstra Farmakope Indonesia dan Farmakope Indo­nesia Edisi III.

Harga: Rp 85.000,- (baru&belum pernah dipakai, stok lama)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sakti Mandraguna : Terjemah Manba'u Ushul Hikmah

Terjemah Kitab Abu Ma'syar Al Falaki : Ingin Mengetahui Nasib Anda

Doa Doa Jaljalut Kubro