Tafsir GATOLOTJO




Buku lama tahun 1999, di cetak baru oleh paguyuban pengumpul buku-buku, serat-serat, dan naskah kuno kejawen  di surabaya-sidoarjo.

Penerbit: Wuwung Surabaya

Terjemahan bahasa indonesia  dan penafsiran penuh Serat Suluk Gatolotjo

Menceritakan perjalanan manusia jelek rupa yang bertabiat tercela. Manusia ini mengaku lelanange jagad yang konotatif. Menyebut sebagai lelaki mumpuni. Menantang siapa saja yang ditemui. Mengajak diskusi maupun berkelahi. Jika lawannya telah kalah, ia pun kembali bertualang untuk mencari lawan-lawan baru.

Figur Gatolotjo memang sangat luar biasa. Pandai bicara, berfilsafat, madani(mengolok-olok dan mengejek). Juga pandai memprediksi. Dengan kemampuan yang sempurna itu secara naluria, Para lawan Gatolotjo mengakui kehebatannya. Hanya karena watak Gatolotjo yang tidak baik. Kehadirannya cenderung di hindari banyak orang. Siapa saja enggan bermasalah dengannya.

Gatolotjo yang di figurkan dalam serat ini adalah sosok yang dihormati. Anak raja yg cacat fisik. Keluar istana, lalu mengembara untuk menemukan eksistensi diri. Ia di temani ponakawan bernama Darmogandhul yang mempunyai kelebihan pintar menggunakan sihir dan sakti. Latar belakang inilah yang ikut membentuk sosok Gatolotjo sebagai figur yang sangat luar biasa. Hebat tiada tandingan.

Gatolotjo secara harfiah sama artinya dengan Darmogandhul. Identik dengan lingga atau kelamin laki-laki. Lambang itu sudah biasa dipakai dalam kesusastraan jawa, sebagai simbolisasi dari wadi, hati kecil, nurani dan naluri. Selain itu, juga acap dijadikan ekspresi kesakralan, kekuatan mistis, dan kejujuran gerak bathin.

Siapa penulis awal Serat Gatolotjo? Juga kontroversi, banyak versi. Ada yg menyebut R. Soerjanagara, ada pula yg mengatakan karya R.Ng Ronggowarsito, tetapi ada juga yang hanya menyebut sebagai karya Seorang Bangsawan Tinggi di kediri, entah siapa itu. Inilah Serat Gatolotjo

Buku ini juga terdapat tanggapan-tanggapan tentang suluk gatoloco dari para tokoh: Dr. Suyatno Kartodirjo,  Drs. Farid Mustofa, S.Ag , Drs. Bambang Purnomo, Ms , Drs. Wakit Abdullah, M.Hum,  Drs  . Djoko Adi Waluyo, Marwanto, S.Kar, Drs. Sumarnonugroho, M. Zainuddin Fananie, Dr . Kuntowijoyo, Mochtar Wahyudi, S.Sos, M.A,  EMHA AINUN NADJIB,  DR. John Titaley TH D,  Dr . Ayu Sutarto

Lampiran: Wawancara Dengan Ruh Mbah Hasan Besari

Pernah di muat di Tabloid Posmo Thn 1999

Harga: Rp 45.000,- (Cetak fotokopi, sudah langka)

Tlp/sms: 083831963394 , 089670028760

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sakti Mandraguna : Terjemah Manba'u Ushul Hikmah

Terjemah Kitab Abu Ma'syar Al Falaki : Ingin Mengetahui Nasib Anda

Doa Doa Jaljalut Kubro