ILMU dan LAKU Drs. RMP. SOSROKARTONO





Buku ini Mengupas ruang khasanah Drs.Raden Mas Panji Sosrokartono / HYANG SOSROKARTONO yang tersembunyi dari lelakunya yg penuh perlambangan dan mystik. Bung Karno menyebutnya “sahabat karib”. Karena kelebihan ilmu spiritualnya, Sosrokartono dipanggil eyang. Ia juga dikenal sebagai dokter “air putih” karena bisa mengobati penderita sakit hanya dengan minum air putih yang telah dibacai doa olehnya.

Ajaran spiritualnya yang banyak dikutip para tokoh republik ini, termasuk Pak Harto, adalah “Sugih tanpa bandha, digdaya tanpa aji, nglurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake” atau “Kaya tanpa harta, sakti tanpa ajian, menyerang tanpa pasukan, dan menang tanpa menghinakan”.

Ada lagi kata-kata mutiaranya untuk mencapai kedamaian hidup sebagai berikut, “Trimah mawi pasrah, suwung pamrih tebih ajrih, langggeng tan ana susah tan ana bungah, anteng mantheng jeneng”. Artinya, menerima penuh apa pun dengan penyerahan diri, tiada pamrih jauh dari rasa takut, abadi tiada duka dan suka, tenang, memusat, selamat, bahagia.  Ajaran itu ia peroleh karena rajin melakukan kontemplasi, semadi, berpuasa, dan melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang sunyi. Sampai wafat, Sosrokartono hidup membujang.

Penulis: Aksan

Penerbit "CITRA JAYA MURTI" Surabaya

Harga: Rp 33.000,-(dicetak fotokopi)

Tlp/sms: 083831963394 , 089670028760

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sakti Mandraguna : Terjemah Manba'u Ushul Hikmah

Terjemah Kitab Abu Ma'syar Al Falaki : Ingin Mengetahui Nasib Anda

Doa Doa Jaljalut Kubro