Kitab Sabilal Muhtadin "Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari"




Syekh Muhammad Arsyad bin Abdullah dilahirkan di sebuah desa dekat kota Martapura, Kalimantan Selatan sekitar tahun 1707 M. dari keluarga sederhana, di masa pemerintahan Sultan Tahilullah (1700-1734M). Semenjak kecil sudah tampak ciri-ciri yg luar biasa pada dirinya, di antaranya kecerdasan serta sikap sopan santunnya sehingga Sultan Tahilullah tertarik dan mengirimnya ke Makkah untuk mempelajari ilmu-ilmu agama islam.

Di Makkah ia mempelajari pengetahuan ilmu tasawuf pada Syekh Ibnu Athaillah dan Syekh Muhammad bin AbdulKarim Al Madani di Madinah, dan setelah menuntut ilmu 35 tahun lamanya, Beliau kembali ke kalimantan, mendirikan tempat pengajian yg kemudian dinamakan "Dalam Pagar".

Di Samping mengajar, Beliau jg menulis kitab-kitab agama dan sebuah karyanya yg terbesar ialah "Kitab Sabilal Muhtadin Lit Tafaguni Fid Din". Yg terdiri dari 2 jilid, kesemuanya berisikan Fiqih Ibadah. Kitab ini di tulis atas permintaan Sultan Tahmidullah. Di Tulis pd tahun 1193 H, selesai tahun 1195 H (1779-1780M) dan baru dicetak untuk pertama kali dengan serempak pd thn 1300H(1882M) di Makkah, Istambul Dan Kairo. Kitab ini sangat terkenal di seluruh negara-negara Asia Tenggara.

Di Salin Oleh Prof. H.M. Asywadie Syukur Lc. Buku Hard Cover. 1142 halaman.

Harga: Rp 1800.000, 1 Set isi 2 buku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sakti Mandraguna : Terjemah Manba'u Ushul Hikmah

Terjemah Kitab Abu Ma'syar Al Falaki : Ingin Mengetahui Nasib Anda

Doa Doa Jaljalut Kubro